Empat Masjid Yang Menyandang Nama Besar

Ramadhan, 5 Juli 2015, untuk pertama kalinya saya bergabung dengan  komunitas BPJ (Backpacker Jakarta). Dan ini pula pertama kalinya Klub Jelajah Masjid berdiri.

1.Masjid Cut Meutia,

Terletak di Jl. Cut Meutia No. 1 (200 meter dr Sta.Gondangdia)
Masjid ini termsk dalam cagar budaya DKI.  Memiliki sejarah yang sangat panjang sebelum akhirnya menjadi masjid. Nama Cut Meutia sendiri di ambil dari seorang nama besar di Aceh. Yang menjadi ciri khas masjid ini adalah bentuk kubahnya, arah kiblatnya yang membentuk sudut 45 derajat dan wanginya sajadah masjid ketika setiap awal sholat tiba.

2. Masjid Cut Nyak Dien
Terletak di Jl. Kemiri raya dari stasiun gondangdia +/- 500 meter.  Dari Masjid Cut Meutia cukup di tempuh 10 menit jalan kaki. Krn masjidnya tetanggaan.  Masjid ini di buat untuk menampung pekerja yang bekerja di sekitar masjid

3. Masjid Al Ma’mur atau biasa disebut Masjid Cikini 

Terletak Jl. Raden Saleh Raya RT 3 Rw 3, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Persis dpn McDonalds.
Masjid ini berdiri sejak tahun 1840. Awalny hanya berupa masjid tandu yg bs di pindah kemanapun. Masjid ini merupakan salah satu dr masjid tertua yg ada d Jakarta dn dikelilingi oleh 5 gereja d sekitarny. Dilewati oleh transportasi publik Metromini 17 jurusan Senen – Manggarai. Keunikan masjid ini adalah bangunan utama yang masih terlihat keasliannya, 5 tiang penyangga di aula utama, undak-undakan yang menghubungkan ruang lama dengan ruang yang baru untuk menampung para jamaah setiap sholat Jum’at. Ada mitos yang menyertai masjid ini untuk bertafakur di dalamnya.

4.Masjid Agung Sunda Kelapa

Jl. Taman Sunda Kelapa No. 16, Menteng, Jakarta Pusat. Dkt taman sunda kelapa, di seberang taman suropati dn d belakang gereja. Mampun menampug jamaah lebih dari 4 ribu orang. Menara masjid yang berupa perahu dan tidak memiliki kubah yang dihiasi bintang dan bulan seperti masjid kebanyakan, masjid ini termasuk muda kalau dilihat dari berdirinya sejak 1970. Tetapi memiliki organisasi remaja masjid yang mumpuni. Bagaimana tidak.., masjid ini selalu memiliki jadwal yang sangat padat oleh ulama-ulama yang mengisi acara di dalamnya baik di bulan Ramadhan maupun diluar bulan ramadhan. Tempatnya yang strategis menjadikannya mudah di jangkau untuk di datangi. Cukup naik angkutan umum kopaja P.20 jurusan Senen-Lebak Bulus dn PPD 213 jurusan Kp.Melayu-Grogol kita sudah sampai di halaman masjid. Oh iya… kalau ingin ke masjid ini harus menyebutkannya dengan lengkap. Kalau tidak lengkap kita bisa tersasar sampai ke pelabuhan Sunda hahaha

Advertisements

1 Comment

Filed under #JelajahMasjid

One response to “Empat Masjid Yang Menyandang Nama Besar

  1. c1pp4

    hmm…cara masukin fotonya blm bs..
    lg belajar dr yutub..
    dn msh blm sukses..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s