Masjid Kubah Emas, Sawangan Depok

Minggu,18 Oktober 2015

Jelajah Masjid Part 3 yakni Back To Al-Qur’an itu yang saya lihat dan rasakan dari perjalanan dari jelajah kali ini.

masjid-kubar-emas-dari-kejauhan
Masjid Kubah Emas, Sawangan Depok

Masjid Dian Al Mahri atau biasa disebut Masjid Kubah Emas terletak di Jl. Meruyung, Limo, Depok. Masjid ini  mampu menampung 20.000 jamaah, memiliki 5 kubah, 6 menara. Info ini saya dapatkan dari situs Wikipedia. Karena tidak tersedia guide untuk untuk menjelaskan sejarah masjid. Maka, saya menjelajah sendiri.

Masjid dengan aulanya berdiri terpisah. Tidak bergabung seperti masjid-masjid lainnya. Ruang masjid dan ruang aula dengan langit-langit yang tinggi, jendela-jendela yang tinggi membuat sirkulasi udara ketika cuaca panas akan membawa kesejukan tersendiri. Semua bangunan dalam komplek masjid mayoritas memakai marmer. kalau cuaca sangat panas di siang hari, saya menyarankan untuk memakai kaos kaki kemanapun melangkah di dalam komplek masjid ini. Marmernya ketika terpapar sengatan matahari akan sangat luar biasa panas. Ruang kamar mandinya banyak silahkan gunakan mau memakai yang mana saja, ruang penyimpaan sepatu ada di lantai dasar di bawah tempat wudhu wanita. yang menjadi pertanyaan.. mengapa ruang wudhu tidak digabung dengan ruang penitipan sepatu seperti di masjid-masjid lain? Ini menjadi tidak praktis buat saya..

tiang-tinggi-bangunannya

Ruangan serba guna. Lihat kemegahannya dan lihat pula kegiatan yang ada didalamnya..

Lorong-lorong masjid luarnya seperti lorong masjid di Cordova, Spanyol.( Di kemudian hari saya akan melihat lorong-lorong seperti ini di Masjid Al-Adzhom, Tangerang). Pohon-pohon di sekitar komplek masjid masih belum tumbuh dengan rindang, masih gersang untuk komplek masjid yang luasnya hampir 50 hektare. Panas membara di puncak musim panas. Es kelapa yang dijual di sekitaran komplek masjid tidak berasa rasa dingin es hehehe..

lorong-masjid

Lorong ini mirip (sekilas) dgn lorong di Masjid Cordoba, Spanyol. Pengunjung lain boleh suka sama kubahnya.. tapi kalau saya suka sama lorong ini

Yang juara di masjid ini adalah kubahnya! Iya.. kubahnya…!! kubah dalamnya itu seperti  melihat kubah-kubah bangunan klasik di Italia atau Vatikan. Bedanya di dalam kubah masjid ini tidak ada gambar cupid atau dewa asmara pembawa panah aprodite hahaha..

Tugas Yang menanti di Part 3.

Setelah puas berkeliling.. ada tugas yang menanti.. iya.. tugas yang diberikan oleh para mimin jelajah masjid.

Jalan-jalan tidak selalu hanya melihat keindahan. Tetapi juga perjalanan untuk menapaki hati. Sudah berapa lama hati tak tersentuh gema atau pun kalimat-Nya? Seperti perjalanan kali ini yang cukup membuat saya sukses untuk membuka Al-Qur’an dan menampaki jalan sedikit demi sedikit untuk mengingat kembali rasanya sekolah.

Setelah meninggalkan bangku sekolah hampir 15 tahun lamanya.. Berpacu dengan waktu..  itulah yang saya rasakan. Iya..,mimin memberikan tugas hapalan surat. Oh.. jangan di tanya.. ini ibarat membuka kamus berdebu. Karena selama mengaji di pengajian mushola dekat rumah, saya tidak pernah menghapal surat panjang-panjang hahaha

 

Advertisements

1 Comment

Filed under #JelajahMasjid

One response to “Masjid Kubah Emas, Sawangan Depok

  1. c1pp4

    akhirnya, bisa menyisipkan foto-foto dengan ukuran lebih kecil.
    kalau di upload via komputer. ukuran bisa di tarik dengan mengecilkannya.
    tp bagaimana kalau upload fotonya via hape?
    nanti, di coba lg..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s