Sudirman Range Trails : Landskap Di Indonesia Timur

sudirman-range-trail

Author : Rangga Waskita

Penerbit : GPU – Mahitala Unpar

ISBN : 978-602-96650-0-0

My Review :

Seperti kata Soe Hok Gie, seorang intelektual muda Indonesia,: “untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air seseorang harus melihat kekayaan alam negerinya dengan cara mendaki gunung.” (page 9)

Buku-buku yang mengupas kekayaan alam Indonesia Bagian Timur masih sangat jarang. Apalagi buku dengan genre olahraga luar ruang alias outdoor. Kegiatan luar ruang yang saat ini sedang naik daun membawa perubahan tersendiri buat perbukuan di Indonesia. Salah satunya adalah buku ini. Buku yang dikhususkan untuk mereka yang menggeluti olahraga naik gunung. Mungkin buku ini bisa menjadi salah satu referensi sebelum mengginjakkan kaki di Pegunungan Sudirman dengan Puncak Cartenz yang diselimuti salju abadi.

Walaupun internet membawa perubahan dengan memberikan informasi yang sangat cepat. Tapi di dalam buku ini disajikan keterangan-keterangan yang sangat detail untuk mencapai pegunungan Sudirman Range Trails.

Isi buku ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang hobi olahraga menanjak gunung tapi juga untuk orang awam dan amatir seperti saya.

Ekspedisi-ekspedisi ke tanah Papua sudah di mulai sebelum Indonesia merdeka.

Heinrich Harrer dan Philip Temple adalah org yang pertama menemukan lembah fairy tale, puncak Alice dan Danau Idenburg. Mereka adalah orang pertama yang membuat jalur pendakian ke salah satu seven summit yakni Cartenz Pyramid. (Page 80)

Papua memiliki ciri khasnya sendiri mulai dari tanah, hewan dan tumbuhannya.

Binatang yang hanya ada di papua yakni itik noso (Anas waigiuensis/salvadori’s Teal) – Papua burung Nuri-Macan Biru (Psittacella picta) – kordilera pegunungan tengah walet sapi dan walet gunung.
Papua memiliki species Rhododendron terbanyak kedua di dunia setelah Bhutan. Rhododendron saxifragoides bisa diolah menjadi teh herba. Cyathea, jenis pohon pakis yang tergolong purba yang banyak sekali terdapat di hutan sub-alpin Papua. Danau di lembah fairy-tale umumny terdiri dari dua warna, biru dan hijau,disebabkan ganggang yg terdapat di dalamnya.

Tidak ada pegunungan di Indonesia yang memiliki ketinggian di atas 4.000 mdpl selain di Papua. Kordiera Tengah Papua menjadi satu-satunya pegunungan yang memiliki zona alpin dengan flora serta fauna yang unik dan hanya ada di Indonesia. Fosil dari hewan vertebrata (bertulang belakang). Satu2-satunya fosil hewan vertebrata yang ditemukan sepanjang Ekspedisi Pegunungan Sudirman.

Pada 1623, pelaut Belanda Jan Cartensz berlayar di perairan Timur Indonesia (saat itu Indonesia berada di bawah kekuasaan Belanda). Berlomba untuk menaklukan salju di papua. Di tahun 1936, salah satu ekspedisi dari Eropa berhasil menemukan sesuatu yang menakjubkan yaitu emas.

Pada tahun 1962, Heinrich Harrer, penjelajah asal Austria, dan Philip Temple dari New Zealand berhasil mencapai puncak tertinggi di Jajaran Pegunungan Sudirman, sekaligus puncak tertinggi di Indonesia, Cartensz Pyramid 4.884 mdpl. Jalur ekspedisi Harrer & Temple menjadi acuan oleh berbagai ekspedisi berikutnya.

Jajaran Pegunungan Sudirman bagian Timur dan barat merupakan satu kesatuan dengan puncak yakni Cartensz Pyramid, Ngga Pulu, Sunday Peak, Puncak Soemantri, Puncak Cartensz Timur, Puncak North Wall Firn, Puncak Idenburg, Puncak Merah Putih dn Garuda,Puncak Unpar, serta Puncak Unpar. jgn lupa berkunjung k lembah Fairy Tale yg ada d antara Puncak Merah Putih dn Puncak Unpar

sudirman-range-trail-3

Puncak Mahitala artinya bumi Puncak Unpar artinya UNtukmu Pertiwi JiwA Raga kami. Puncak Garuda dn Merah Putih utk menandai dn menghormati Papua sebagai wilayah Indonesia.

Pandangan dan pendapat saya :

Di dalam buku ini kekayaan alam dan keindahannya tersajikan dengan sangat baik. Foto2 yg merekam jalur pendakian ditampilkan dengan detail.

Perasaan ngeri, serem dn kulit yang tersayat-sayat ngilu membayang di peluk mata ketika tiba d jalur pendakian ekstrim seperti di jalur pendakian menuju Puncak Cartensz Pyramid. Melewati lembah layaknya orang menyeberang di atas seutas tali (seperti di sirkus) hanya saja disini tidak ada tali pengaman yg akan menyambut ketika badan jatuh ke bawah. Badan akan disambut oleh jajaran batu-batu karst yang sangat keras yang sudah berusia ribuan tahun..

Saya pun baru tahu… Puncak Cartensz Pyramid ada d Papua, wilayah Indonesia Timur. Salah Satu Puncak Seven Summit. Puncak yg selalu diburu oleh para pendaki dari seluruh dunia untuk ditaklukkan. Indonesia Kerennn *teriak pakai toa*

ketika jalur pendakian tiba d jalur Puncak Pegunungan Idenburg. Deskripsinya sangat baik sekali! pegunugannya sangat indahhhh..
seperti yg dituturkan oleh Heinrich Harrer pioneer pertama yg menemukan Fairy Tale.

sudirman-range-trail-2

“The whole place was so fairylake, so mysterious and so enchantingly beautiful we would name the flour lakes Hansel, Gretel, Andersen and Grimm. The valley itself we called Fairy-Tale Valey, and the two rocky ridges Cinderella and Alice Ridges. The wide plain into which our fairy-tale valley debouched we called Peter Pain Plain; and the two ugly fissured peaks in the Alice Ridge we named Tweedledum and Tweedledee after Tenniel’s two handsome lads in Alice in Wonderland.” Heinrich Harrer (page 87) memberikan pujian utk Idenburg Lembah Fairy Tale, Papua, Indonesia.

Ketika sy sampai di halaman terakhir buku ini dijelaskan pula peralatan yang harus di bawa, latihan fisik, persiapan perizinan, koordinasi dgn Tentara Nasional Indonesia dn suku2 yg akan dilewati oleh ekspedisi, penyakit2 yg timbul dlm pendakian dn cara penanggulangan pertama di lapangan sblm pergi k rumkit dn juga daftar pustaka dlm penyusunan buku ini. ^_^

buku ini luar biasaaaaaa…

 

 

Advertisements

2 Comments

Filed under #Buku&Timbunan

2 responses to “Sudirman Range Trails : Landskap Di Indonesia Timur

  1. Keren banget nih kayaknya buku ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s