Ajdar, Marjane Satrapi

ajdar

AJDAR, Marjane Satrapi
Penerjemah/Editor : Donna Widjajanto / Dini Pandia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-5775-5

Resensi saya :

Buku anak-anak ini membawa pesan moral yang sangat penting! Sederhana tapi berkarakter dengan gambar yang berwarna warni kuat.

Negeri tempat Mathilde tinggal adalah salah satu negeri paling indah di dunia. Suatu pagi, tanah bergetar keras… segalanya jadi tunggang-langgang tak karuan. Kata Raja kepada Mathilde, “Ini gara-gara si naga Ajdar, yg tinggal di pusat Bumi. Kenapa dia marah? Gadis kecil, pergilah ke pusat Bumi, temui Ajdar dan tanyakan sebabnya…”

ajdar-2

Negeri tempat Mathilde tinggal sebelum Ajdar merusaknya

Penjelajahan Mathilde ke dalam perut bumi tidak berjalan mulus. Ada kalanya, Mathilde harus menggunakan akalnya untuk membuka jalan. Bertemu raja iblis, nenek sihir yang memberikan petuah-petuahnya dan bertemu dengan teman-teman baru 🙂

Ketika Mathilde bertemu Ajdar :
Ajdar : Aku sakit punggung. Ada tulang punggungku yg patah dn rasanya sakit sekali. Kalian menggali dengan mesin-mesin, membuat punggungku sakit. Aku menggeliat kuat-kuat, agar tubuhku bisa lurus lagi.

↑ tuh… sebagaimana manusia yang berakal dan berbudi pekerti. Selayaknya, kita  sebagai manusia arif dan bijaksana dalam memperlakukan bumi tempat kita lahir, hidup dan mati. Karena bumi bukan diwariskan di masa sekarang saja. Tetapi bumi diwariskan untuk masa depan, generasi berikutnya..

Tentang pengarang : Marjane Satrapi

Pendapat dan pandangan saya :
Sejak memiliki keponakan laki-laki yang memasuki usia 3 tahun. Sejak itu saya mulai berburu dan  mengoleksi buku anak-anak untuk dibacakan sebelum tidur siang atau malam ketika keponakan sedang datang berkunjung ke rumah. Ternyata, kalau dibandingkan dengan buku impor anak, buku anak-anak terbitan Indonesia itu sangat ringkih dan cepat rusak.

Perumpamaannya : Buku anak-anak import dibanting-banting sebanyak 10x masih layak baca. kalau buku anak-anak terbitan Indonesia dibanting-banting sebanyak 10x akhirnya, masuk tong sampah 😦
Dari kualitas harga memang sangat berbeda. Tapi harga yang dibayarkan sangat pantas untuk sebuah buku yang membangun karakter-karakter generasi-generasi masa depan 🙂

Buku ini pun pernah di bahas di #QTBuku #Kubbu #BPJ sekitar Mei 2016


Nilai : 5/5 (pendapat egois yg posting)

Tq Toko Langganan Olshop Dojo Buku

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s