Satu Hari,Tiga Tempat 

Melihat pemandangan spektakuler ditempuh dengan perjuangan yang spektakuler juga..

Jalan-jalan keluar kota buatku itu banyak pertimbangannya. Tidak seperti teman-teman lain yang bisa pergi kapan pun mereka mau di akhir pekan. Buatku perlu delapan bulan untuk bisa pergi. Mengatur anggaran dan giliran waktu jaga rumah. 😅😅😅

Waktu mendengar BPJ (Backpacker Jakarta) buka trip ke Gunung Galunggung. Kuota 17 orang peserta (belum termasuk PIC), pakai elf dengan biaya akomodasi 219.000 perjalanan sudah termasuk Galunggung, pemandian air panas dan kunjungan wisata Kampung Naga.

Iseng-iseng aku cek Google untuk cari tahu trecking ke Galunggung. Menaiki 600 lebih anak tangga untuk melihat kawah. Kalau buat amatir,nanjak anak tangga, ohke jugalah ya.. hahahaha Banyak pedagang. Pemandangannya ohke..kalau cuaca tidak berkabut. Itu informasi awal buat jaga-jaga.

Ketika hari H tiba :

Kenyataan yang dihadapi tuh diluar ekspetasiku sendiri doeeenggggg 😵😵😱😱

I. Gunung Galunggung 

1. Aku pikir bakalan dapat Elf macem Elf angkot KWK gitu. Gak tahunya dapat Elf yang nyaman, ber AC, bersih, ada stok kontak didalamnya buat charger hape. (Ishh lupa bawa Charger hape😢😭😭😭) dua elf yang artinya bakalan nambah 38 orang teman.

2. Waktu tiba di Galunggung bukan hanya lihat kawah dan pemandangannya doang seperti yang aku baca di Google. Anak tangga yang harus didaki, rasa putus asa ketika tidak sampai-sampai dipuncaknya. Bayangin ya.. Galunggung buat pemula. Bagaimana dengan gunung-gunung lain yang harus ditanjak? Salut buat mereka yang summits di semua gunung di seluruh Indonesia. Perjuangannya itu luar biasaaa 👍👍👍👍 buatku, Galunggung sudah bikin napas putus-putus. Hampir 45 menit untuk sampai di puncak (kurang lebih)😅😅 sampai di puncak istirahat sejenak. Lihat sekeliling kawahnya yang hijau, kabut masih tebal,matahari masih malu-malu untuk menampakan diri. Dan lihatlah kebawah ketika kamu sudah sampai diatasnya.

Aku hanya bisa bilang : SPEKTAKULER ! Aku bisa melaluinya dengan susah payah! 😄😙😚

Perjuangannya baru akan dimulai lagi ketika kamu memandang ke dasar kawahnya. Iyooo..Kawahnya bikin penasaran hahaha. Ada tenda-tenda besar biru berjejer rapih yang memanggil untuk didatangi 😄 mari, melanjutkan perjalanan 😄 itu artinya, kamu harus trecking sepanjang punggung gunung untuk mencapai kawahnya.

Walaupun ada 38 orang teman perjalanan (termasuk 4 orang PIC). Pastikan dirimu menemukan teman seperjuangan seperjalanan yang akan bercanda, tertawa, bantu-bantu drama, foto-fotoin kamu, ngobrol ngalor ngidul, tersesat bareng-bareng hahaha. Ini yang akan membuat perjalananmu bermakna. Tidak usah memaksakan diri karena alam akan memilihkannya untukmu 😄 yes,akhirnya, aku dapat teman diperjalanan ini😙😚

 

Foto : Ronalita – non RT😄😉

Setelah menyusuri punggung gunung. Laluilah perjuangannya menuruni punggung gunung dengan menekan tumit belakangmu ke pasirnya. Hati-hati memilih pasir untuk berselancar disini 😄 (tips dari Abang Rockhan). Aku pun dituntun waktu menuruni punggung kawah ini untuk sampai di dasar kawah. 😄😅

Foto : Ronalita – Non RT

Setelah sampai di bawah. Aku berlari bebas menikmati udara yang sejuk, air yang jernih dan pohon-pohon hijau disekelilingnya. Bebaskan dirimu, segera!

Airnya ini enak dan sejuk banget! Beneran sejuk!. Mengalir memasuki danau yang ada di dasar kawah Galunggung yang menjadi muaranya…


II. Pemandian Air Panas

Letaknya tidak jauh dari Gunung Galunggung, masih dalam satu jalur perjalanan. Di pemandian ini tinggal pilih. Mau pemandian di kolam atau pemandian di curug. Pemandian di curug tidak terlalu bagus. Tapi masih lebih baik dibandingkan dengan kolam air panas yang seperti kolam renang. Untuk menuju curug diperlukan waktu trecking 15-20 menit saja.

Dalam satu aliran air ini, akan menemukan air panas dan dingin.

III. Kampung Naga

Jarak dari pemandian air panas ke Kampung Naga kami tempuh dengan melewati bukit-bukit terjal, jalanan yang tidak ramah karena masih alami harus kami lalui dengan berpayah-payah di dalam elf berAC selama 1,5 jam. Entah apa nama daerah yang kami lewati. Karena bagiku, jalur yang kami lalui itu masih terasa asing dimataku. Tidak kami temui bis-bis besar atau mobil pribadi yang lalu lalang. Beneran sepi ! Karena sepi tersebut, kami mendapatkan pemandangan hijaunya pohon-pohon, sawah yang baru ditanam, melewati perkampungan yang masih asri.

Waktu 1,5 jam tak terasa. Tiba-tiba saja sudah sampai di Kampung Naga.
Kalau yang belum tahu Kampung Naga. Bisa baca disiniUntuk mencapai kampung ini harus menuruni +/- 400 anak tangga. Kampung ini luasnya 1,5 Ha dikelilingi bukit-bukit dengan pepohonan yang lebat. Bangunannya pun terlihat masih terbuat dari batang-batang pohon dan batang-batang bambu.. Listrik tidak masuk ke perkampungan ini untuk menghindari bahaya api yang disebabkan oleh konstleting listrik. Yang unik dari kampung ini adalah setiap 10 meter jalan yang dilalui pasti ada tempat sampah. Semakin memasuki ke dalam perkampungan. Tempat-tempat sampah ini sepi dari sisa-sisa bungkus atau sisa-sisa makanan yang terbuang.  Penduduk kampung naga tahu artinya hidup berdampingan dengan alam dan merawat alam dengan baik. Kesadaran yang tinggi terlihat dari bersihnya kampung naga dari sampah baik di darat maupun di sungai. Pemanfaatan aliran air pun tidak terbuang secara percuma. Pasti di setiap kamar mandi dari bambu dibawahnya ada ikan-ikan yang dipelihara untuk kebutuhan sehari-hari. Mayoritas penduduk kampung naga beragama Islam. Aku menyempatkan diri untuk sholat didalamnya. Lantai masjidnya tidak terlalu besar, dengan langit-langit rendah dan tempat air wudhu dengan pancuran tersedia disini. Air pancurannya mengalir terus menerus. Aku jatuh cinta dengan airnya yang bening dan sejuk…

Kampung Naga adalah pemberhentian terakhir dari trip yang kuikuti.

Advertisements

3 Comments

Filed under Halan-Halan Ke...

3 responses to “Satu Hari,Tiga Tempat 

  1. Tuty prihartiny

    Asik ya mb
    Sehari yang mengesankan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s