Belajar Berkomunitas Di Ngumbar Komunitas, Kuningan City Jakarta 

Ngumbar Komunitas yang diadakan oleh Detik Blogger menggundang 4 komunitas yang saat ini sedang hitz yakni :

Setiap komunitas memiliki ciri khasnya masing-masing dalam menggerakan komunitasnya untuk berjalan seiring dan berkesinambungan. Banyak kegiatan yang diusung tiap-tiap komunitas untuk menyatukan visi misi mereka untuk bergerak bersama.

1. Komunitas Pedas (Penulis dan Sastra)

Komunitas ini sudah berdiri sejak 2007 dan baru tahun 2012 diresmikan menjadi komunitas. Pedas artinya dari penulis dan sastra. Logonya adalah cabe. Menyentuh member dari komunitas dengan menerjemahkan program-program untuk suka menulis dan  penyuka sastra. Lama kelamaan mereka semua bersinergi dengan membawa semangat inspirasi untuk berkolaborasi satu dengan lainnya.

2. Komunitas Kopi
Artinya Koalisi Online Pesona Indonesia. Karena gabungan dari blogger, penyuka sinema dan pariwisata Indonesia. Logonya dari Kopi.

3. Komunitas Inspirasi Wanita

Komunitas Inspirasi Wanita awalnya 7 orang. Sekarang anggotanya sudah mencapai 300 orang. Kita ingin menunjukkan bahwa ibu rumah tangga juga bisa. Selain blogger, kami juga melakukan baksos. Membernya adalah wanita. Logo IW.

4. Komunitas ID Corners

Awalnya adalah Jakarta Corners. Jakarta adalah unik. Sekarang memperluas ke seluruh Indonesia. Logo ID adalah representasi Indonesia. Komunitas adalah organisasi. Memperkenalkan travel blogger yang

Gabung Komunitas akan menggembangkan diri sendiri,mengenal orang lain dan belajar untuk lebih peka dengan lingkungan sekitar.
Komunitas berpeluang untuk maju. Perlunya komunitas dalam legalitas fungsinya untuk funding mengerakan kemanusiaan meminta dana  dari badan pemerintahan.

Cara membangun komunitas adalah berkenalan dengan komunitas lain. Cara menggenalkan member dengan kumpul-kumpul bareng per wilayah.

Membangun komunitas tidak mudah. Karena ada banyak kepala. Selesaikan masalah dengan baik-baik. Harus evaluasi dan introspeksi diri.

Membangun komunitas perlu kerja keras dan membuat kegiatan untuk menyatukan berbagai pemikiran.

Pendapat egois yang posting : 

Baru perdana menghadiri acara seperti ini. Founder dan Co-Founder dari keempat komunitas yang hadir memberikan tips-tips jitu cara gabung dengan komunitas, cara menyelesaikan masalah di dalam komunitas, masalah legalitas komunitas dan regenerasi kepengurusan supaya tidak ada dua kepemimpinan.

Bertemu dengan teman-teman dari komunitas lain juga penting untuk membangun jaringan. Ibarat kata, #NgumbarKomunitas adalah tempat kopdar para komunitas apapun untuk lebih mengenal karakteristik setiap komunitas yang hadir.

Selain bertemu komunitas, ada bazar produk di area yang sama. Bazar baju, makanan, fastfood dari jaringan komunitas dan UMKM. Yang di coba :

Hiena dari Kemuning Wedding Muslimah

Suwir-suwir ayam dengan dua rasa (orginal dan pedas) dari I-sweer

Dan aku pun belajar bagaimana menjadi moderator yang baik dari Bunda Ani Ringo dalam acara #NgumbarKomunitas.

Apabila ada salah info. Itu karena yang posting tulisannya ingin cepat mempublikasikan supaya tidak menjadi timbunan di dalam draf hahahaha

Advertisements

4 Comments

Filed under Halan-Halan Ke...

4 responses to “Belajar Berkomunitas Di Ngumbar Komunitas, Kuningan City Jakarta 

  1. endangcippy

    Hari senen, fotonya akan diperbaiki di kantor. Hahaha

  2. Aku sebenernya sedikit menyesal si gak ikut acara ini… 😥 😥 ehh kalau nulis ntu jangan pengin buru buru di publish nanti gak maksimal…. #kabuuurr

    • endangcippy

      Iya Zen maaf.. itu buru2.. makanya, artikelnya udh di post aja. rencana pas hr senen mau di edit. eh, pas di edit 2x jdnya malah hancur lebur buahahaha
      Ya sudah utk artikel ini..aku pasrah aja.. u kenang2an hahaha

  3. endangcippy

    Datang ke acara ini tuh jadi lebih mengenal komunitas-komunitas blogger selain dari komunitas literasi yang sudah aku tahu.
    Dan beberapa programnya bisa diterapin di dalam Klub.
    Banyak hikmah ya dari acara ini hehehe
    walaupun artikel yang aku buat berantakan hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s