Dongeng Sekolah Tebing : 52 Kisah Sekolah Terpencil Di Ujung Angin, Clara Ng

Memiliki cita-cita akan membuatmu semangat mengejarnya sampai ke ujung dunia. Harapan akan membuatmu percaya bahwa Tuhan itu ada dalam mengatur segalanya…

Tia, begitu sedih mengetahui ayahnya akan pindah bekerja ke tempat baru. Kesedihannya menumpuk ketika harus meninggalkan semua teman-temannya. Bundalah yang menghiburnya bahwa Tia akan memiliki teman-teman baru. Bunda juga yang mengenalkan Tia kepada sekolah tebing di ujung angin.

Sekolah tebing di ujung angin menjadi saksi bisu untuk 13 orang murid didalamnya. Murid-murid yang memiliki kehebatannya masing-masing membawa warna dalam kehidupan sekolah.

Dengan ibu guru Sheila yang mengajarkan untuk memiliki sebuah cita-cita. Yang dikenalkannya sejak dini, mengenali bakat mereka, menunjukkan dan mengarahkan jalan bagaimana mengasah bakat-bakat murid-muridnya untuk membuka masa depan.

Tak hanya sekolah saja yang bercerita. Semua hewan, warga dan tempat-tempat disekitar sekolah pun tak luput diceritakan di dalam 52 bab kisah dongeng dalam buku ini.

Kehangatan dalam kisah kucing Si Manis dirangkum dalam 3 kisah cerita dalam bab berbeda. Sebelum Si Manis menemukan kehangatan seorang ibu, Emak Item.

Cerita Upik, Kupu-kupu manis dan tomboi. Cerita bus merah yang akan membuatmu berdendang dan bergerak mengikuti syair irama didalamnya, cerita kejutan ulang tahun untuk Ibu Guru Sheila yang membuatmu bangga dan terharu berkaca-kaca. Dan masih banyak cerita-cerita lainnya yang membuatmu mengharu biru.

Yang terpenting dari 52 kisah Sekolah Tebing Di Ujung Angin, kamu pasti akan kembali ke masa lalumu sendiri… ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

Pendapat egois yang postingย 

Pertama kali melihat buku ini di sale Gramedia Matraman Jakarta. Aku harus menunggu dengan sabar untuk memilikinya. Karena ketiadaan dana yang terbatas karena kalap dan khilap lihat buku murah. Aku meminta seorang teman untuk menyimpannya. (Ibarat kata sih..berhutang dulu, abis gajian di tebus) hahaha

Perlu waktu hampir 3 bulan untuk menghabiskan dan melahap buku ini. Buku ini 2x masuk ruang Klub Siaran Goodreads Indonesia di RPK 96.3 FM,ย  Sabtu 21 Januari 2017 dengan tema : Menyulam Imajinasi Kanak-Kanak

โ€‹Dan yang kedua,ย Klub Siaran Goodreads Indonesia Sabtu, 18 Feb 2017, World Read Aloud. Tema : Harapan (Membaca Lantang)

Ketika sampai di penghujung akhir halaman buku ini. Sedikit banyak, aku jadi mengingat masa sekolahku, guru-guru dan juga teman-temanku. Apa kabar mereka semua?

Masa sekolahku itu masa yang biasa saja. Bukan masa sekolah yang luar biasa yang dimiliki anak-anak yang lain. Teman SD, SMP dan SMA adalah teman dan sahabat yang sama. Karena kami, berada dalam lingkungan wilayah rayon yang sama. Guru terbaik dalam masa sekolahku yakni:

1. Sekolah dasar : SDN 18 Pagi. 3 generasi : Abang, aku dan adeku bersekolah disini. Ibu Guru Tarsiah (kepala sekolah), Ibu Guru Juminah alias Ibu Jum. (Ibu guru paling sabar, masih aktif mengajar hingga saat ini. Weitsss dia neh..mengajar keponakanku sekarang)

2. Sekolah menengah pertama : ย Ibu Guru Sumilah, guru Biologi sekaligus wali kelas 3 ruang 4, SMPN 117 (disingkat Sejubel). Ajib neh guru.. kerenlah ilmu Biologinya banyak! Kalau memberikan tugas, bikin kepala mumet. Awas aja kalau tidak mengerjakan tugas. Siap-siap pasang badan di depan kelas sampai meringis dan mengeluarkan air mata buahaha. Kalau tidak dicambuk kayak gitu, gak bakalan kamu meriset lebih dalam wkwkwk (hikmahnya di dapat sekarang)

Tempat sekolah terbaikku: SMUN 50 Jakata alias Gocap. Belakang penjara Cipinang (Gak persis dibelakangnya banget ya..agak jauh tuhhh..) tetep aja..penduduk sekitar bilangnya belakang penjara Cipinang hahaha

Era-90an, orang tua kalau anaknya dapat sekolah negeri, tandanya keren! Mengangkat derajat! (harap diingat masa perekonomian era-90an beda dengan ekonomi era-2017). Mau sekolahnya di ujung langit sekalipun sekolah negeri adalah yang terbaik! Kayak sekolah menengah atas tempatku ini. Zaman bersekolah disini. Rating peringkatnya dua terbawah se-Jakarta Timur. Waktu survei sekolah. Alamakkk jauh banget, angkot susah, macet, pinggir kali persis (herannya gak pernah kebanjiran selama 3 tahun sekolah disini) dan yang bikin kaget adalah kondisi sekolahnya yang memperihatinkan banget. Sekolah selama setahun ada perasaan was-was. Takut ketiban atap gedung. Hujan datang, atap bocor. Pokoknya parah banget.. (mengelus dada kalau ingat kejadian waktu di kelas 1) Naik ke kelas dua, dan mulai ajaran baru. Gedung sekolahnya menyulap diri.. Abrakadabra..Sim salabim..tongkat nirmala merubahnya.. selama liburan 3 bulan (masa-masa libur panjang) gedung sekolah tuh jadi bagus banget. Keren. Bikin semangat untuk pergi sekolah! Masuk era 2000an alias setelah lulus dari SMUN 50. Sekolah ini jadi sekolah bertingkat 3 dan menyulap diri sebagai sekolah elite. Peringkat sekolah se-Jakarta Timur pun otomatis menjadi naik. Nilai ujian akhir kecil, jangan harap bisa masuk sekolah ini.

Sekali lagi dan bakalan melekat (sampai sekarang) sekolahnya tetap dikenal di belakang penjara Cipinang. ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†

Nilai : 4,5/5 (pendapat egois yang posting)

Judul : Dongeng Sekolah Tebing : 52 Kisah Sekolah Terpencil Di Ujung Angin

Author : Clara Ng

Penerbit : http://www.buahhati.net

ISBN : 978-602-8673-73-1

Harga : Diskon 50% dari yang beredar di toko buku online

Range usia : 4 – 7thn

โ€‹

โ€‹

โ€‹

โ€‹

โ€‹

โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹

Advertisements

7 Comments

Filed under #Buku&Timbunan, SerbaSerbi

7 responses to “Dongeng Sekolah Tebing : 52 Kisah Sekolah Terpencil Di Ujung Angin, Clara Ng

  1. wah nilainya tinggi! buku ini hanya bercerita atau ada ilustrasinya, mindang? cover dan judulnya menarik!
    btw, bener banget tuh era 90-an orang tua berlomba2 masukin anak ke SMA negeri ๐Ÿ˜‚

    • endang cippy

      Ada gbrnya. Full color. Pakai kertas art paper. Yoyoyoi..para ortu gk mau ribet ngurusin surat dn stempel ijasah ke Kanwil Depdikbud ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜†

  2. covernya menarik Mba Endang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s