Ledakan Bom?! Selamatkan Dirimu, Segera!

 Sumber : Google

Berapa kali dalam hidupmu menjadi saksi ledakan bom, melihatnya dari dekat maupun dari jauh? Atau menjadi korban ledakan bom? Kita tidak bisa menolak kejadian yang tiba-tiba dan tanpa terencana tersebut. Menerimanya bahwa ledakan bom itu benar-benar terjadi. Bahwa ruang publik adalah wilayah bersama dan perlu kewaspadaan lebih ketika berada didalamnya.

Seperti aku hingga saat ini sudah 3x mengalami kejadian atau tepat berada di tempat kejadian ledakan bom tanpa sengaja! Iya..tanpa sengaja menjadi saksi kejadian tersebut hahaha

Kejadiannya ada di :

1. Tahun 2001

Waktu masih bekerja di Atrium Plaza, Senen, Jakarta sebagai Sales Promotion Girl di showroom tas lokal merek Elizabeth. Ledakan bom di dekat Pizza Hut lingkungan Atrium Senen, Jakarta terjadi setelah aku selesai tugas di shift tengah ( pukul 11.00 – 19.00 wib). 30 menit sebelum ledakan bom, aku melintas di tempat kejadian perkara (TKP)πŸ˜„ Teman-temanku yang mendapat giliran shift siang segera menutup toko lebih cepat dan mengamankan semua aset toko untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan πŸ˜„πŸ˜…  Efek setelah ledakan tersebut Atrium Plaza Senen Jakarta sepi dari pengunjung.πŸ˜† Prosedur keamanana masuk ke pusat perbelanjaan lebih di perketat. πŸ˜ƒ Lirik beritanya disini

2. Tahun 2001

Masih di tahun yang sama. Aku mengalami kembali kehebohan dan kemeriahan ledakan bom dalam waktu yang tidak terlalu lama dari kejadian pertamaπŸ˜† (Halahhh musibah disebut kemeriahan hahaha) ledakan yang kedua ini terjadi di siang hari sekitar pukul 10.00- 10.30 wib. Showroom baru saja dibuka sekitar pukul 09.00. Kondisi Atrium Plaza, Senen, Jakarta masih sepi dan akan ramai oleh pengunjung di sekitar pukul 09.30 wib πŸ˜„ Aku masih bekerja di showroom tas Elizabeth dan mendapat giliran shift pagi bersama temanku dari bagian kasir,Mba Lina, yang sedang hamil besar (tinggal menghitung beberapa minggu untuk melahirkan πŸ˜„ ). Ketika jarum jam disekitar pukul 10.00-10.30 (gak inget jam pasti ledakannya. Pada masa itu inet masih termasuk komoditas LUX. Masih memakai hape Nokia 3210πŸ˜†) kami mendengar ledakan dari lantai atas dari arah parkiran. Kami melihat pengunjung pusat perbelanjaan berhamburan keluar. Berdesak-desakan di pintu keluar dekat showroom kami. Karena kejadian sudah benar-benar chaos gara-gara ada yang berteriak-teriak bom..bom..bom meledak. Tanpa sadar, aku pun menarik Mba Lina untuk menutup kasir dan menutup toko dengan segera! Aku tarik tangan Mba Lina untuk mencari tempat aman. Mengajaknya berlari-lari keluar pusat perbelanjaan. Menjauhi ledakan dan chaos setelah ledakan. Efek domino akan berlangsung setelah ledakan! πŸ˜„πŸ˜… Beneran itu..aku tidak ingat kalau kondisi Mba Lina sedang hamil besar! (Ingat ya..kepanikan untuk menyelamatkan nyawa sendiri dan orang lain akan menghilangkan rasional di dalam otak). 

Ketika keadaan sudah tenang, pengunjung mall sudah berada di tempat aman. Kesadaran pun datang.

Huawaaaaa…Apa?! *gubrak* Selama melarikan diri tersebut beruntung Mba Lina tidak melahirkan di tempat kejadian!πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ aku baru tahu setelah melihat pergelangan tangannya yang memerah dan memar akibat tanganku yang memegangnya terlalu erat. πŸ™ˆ Karena kami terdesak dari pengunjung  yang begitu banyaknya. Yang bagaikan air bah untuk menyelamatkan diri!  Dalam pelarian yang penuh dengan kepanikan dan desakan dari arah belakanh,aku membuatnya tersandung-tersandung dan hampir terjatuh. Apa kabar bayi dalam perutnya kalau sampai terjatuh??πŸ™ˆ Benar-benar horor ya kejadian tersebut. πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ Aku mendengar penuturan Mba Lina tiga hari kemudian. Ketika dia masuk kerja kembali πŸ˜ƒ Dia pun mengalami trauma karena terdesak oleh pengunjung yang bagaikan air bah dan takut mengalami keguguran…πŸ™ˆ Tuhan Maha Pengasih πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡ kami selamat dari kejadian tersebut. (Itu menjadi pengalaman berharga untuk dikemudian hari..) Dan tempat kami bekerja ramai dikunjungi oleh para pengunjung (belanja sambil gosip) yang penasaran dengan peristiwa bom meledakπŸ˜„πŸ˜† Yawloooo media tuh ya.. mampu membuatmu membesar-besarkan berita. Lirik beritanya disini

Ah iya… Walaupun TKP sangat dekat dengan showroom tempat aku bekerja. Aku tidak berminat untuk mencari berita secara detail. Buat apa? Pengalaman yang aku alami saja sudah menjadi berita besar dalam catatan kehidupanku sendiri πŸ˜ƒπŸ˜„

 

Sumber : Google Ki-Ka : Tampak depan – Tampak Belakang Atrium Plaza, Senen, Jakarta –

3. Rabu, 23 Mei 2017 

Malam menyambut libur hari terjepit. Biasaaa deh ya.. jalanan ibukota sibuk penuh dengan kemacetan. Pulang kerja bersama temanku, Lani. Sampai Melayu sudah menunjukkan pukul 20.50 wib..Ya iyalah aku tahu waktunya. Karena aku sedang ChitChat meriah di semua grup WA. ChitChat haihaihai berkabar kondisi halte busway Kampung Melayu yang penuh dengan penumpang yang belum terangkut.πŸ˜† Kami memutuskan untuk sambung angkot M18 menuju rumahku di sekitar Jakarta Timur. Keluar halte sambil cerita-cerita seru bareng LaniπŸ˜„ curhat masalah pekerjaan, event komunitas yang kami ikuti, dan acara apa saja untuk menyambut Ramadhan yang sebentar lagi akan menjelang. 

20.54 wib duduk di angkot M18 cerita masih bersambung lagi. 

20.58 terdengar ledakan pertama. Ledakan yang seperti ban meledak. Kenceng banget. Asap putihnya belum terlalu terlihat. Aku belum sadar juga. Tapi beruntungnya diriku pulang bersama Lani. Dia awas dengan kejadian ledakan tersebut. 

21.00 ledakan kedua. Ledakannya kencang sekali. Membuat telinga kananku pengeng. Tidak terlalu baik dalam menangkap suara Lani, sakit seperti di tusuk besi (dan ini berlanjut hingga keesokan harinya).Dan aku segera bereaksi waktu melihat asap tebal. Setelah ledakan kedua itu keadaan terminal Kampung Melayu benar-benar tak terkendali. Ada yang melarikan diri dari TKP, ada yang mencari berita dengan mendekati TKP untuk mencari berita atau mungkin gemetar ketakutan karena gak tahu harus ngapain…Beruntung aku bersama Lani. Kami berpindah ke angkot yang memang ingin cepat-cepat keluar dari TKP. Bising, gemetar, dan masih bisa menyimak celotehan supir angkot M26 yang kami tumpangi..

21.02 aku mengabarkan kicauan telah terjadi ledakan di terminal Kampung Melayu. Yang menjadi berita di medsos. Grup WA sudah ramai terlebih dahulu. Mereka tidak percaya 😐 katanya beritanya belum ada. πŸ˜₯😒 *ngambek dipojokkan* Kata temanku, “gak ada foto,hoax.” *tambah ngambek lagi* Ya iya..temanku di grup tidak tahu apa ya..aku sudah gemetar hebat karena kondisi bom dan kondisiku sendiri yang sedang demam karena fluπŸ˜₯😒😭 Traffic di twitter pun agak tersendat. Akhirnya, berita ledakan di terminal Kampung Melayu baru masuk 15 menit kemudian. *tuhkan apa aku bilang* Celotehan di angkot ramai oleh korban jiwa,polisi kena, kaki buntung dan masih sempat ditawarim sama sang supir untuk mengabadikan evakuasi korban dengan angkot M06 (neh awal evakuasi).  

Kemacetan parah melanda semua ruas jalan menuju dan akan keluar terminal Kampung Melayu. Jalur terminal Kampung Melayu sampai rumahku dalam kondisi lancar biasanya di tempuh 30-40 menit. Pada saat peristiwa ledakan tersebut waktu tempuhnya menjadi 1,5 – 2 jam. Aku sudah terkantuk-kantuk di dalam angkot M26. 

Jari ini tak lelah membalas semua kicauan, telponan, citcat grup semua teman-temanku yang menanyakan kabarku sendiri.Ada dimana Mba? Sudah keluar dari terminal Kampung Melayu? Sudah sampai rumah belum Mba? Stay safe ya Mba.. 

Nahkan, mereka semua tuh yang menemaniku dalam kemacetan. Dan ya.. Lani pun sama seperti diriku. Membalas semua citcat di grup. 

Setelah memasuki area Cawang Tengah, Jakarta Timur baru aku bisa bernapas lega πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Alhamdulillah.. Allah SWT masih sayang πŸ˜‡πŸ˜‡ Aku masih dilindungi dan masih bisa bertemu teman-teman di rumahku yang memang pas kejadian ledakan tersebut. Membuat acara makan kerang bareng sebelum masuk bulan Ramadhan. Kerang 6kg sudah menyambutku di rumah untuk disantap ramai-ramai…πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Psssttt..mau tahu tidak posisiku ada dimana waktu ledakan tersebut. *bisikin pelan-pelan* Posisiku berada di radius 3 meter dari ledakan bom. Persis hanya dipisahkan satu angkot dari tempat ngetem M18πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ Dan sebelum ledakan tersebut terjadi aku dan Lani melintasi tempat peristiwa ledakan yang jarak waktunya hanya 5-7 menit sebelum meledakkkk… πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ 

Tips : 

1. Biasakan diri untuk selalu berdoa sebelum keluar rumah

2. Berhati-hati, waspada di ruang publik terbuka. 

3. Lupakanlah untuk mencari dan penebar berita pertama. Selamatkan dirimu, segera!

4.Jangan merusak TKP dengan mendatanginya! Karena hal tersebut akan merusak olah TKP yang akan dilakukan oleh pihak berwajib. 

Keterangan angkot : 

M18 jurusan Terminal Kampung Melayu-Otista-Kalimalang-Pondok Gede

M26 jurusan Terminal Kampung Melayu-Otista-Cawang Tengah-Kalimalang-Metropolitan Mall Bekasi

Advertisements

2 Comments

Filed under SerbaSerbi

2 responses to “Ledakan Bom?! Selamatkan Dirimu, Segera!

  1. Gak kebayang kalo aku berada di lokasi ledakan. Semoga gak akan ada lagi bom di bumi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s