Monthly Archives: June 2017

Kumpulan Puisi Avianti Armand : Buku Tentang RuangΒ 

Di instagramku , Dhifeverest bertanya : 

Apa yang menarik di buku tentang ruang?

Ini adalah buku kumpulan puisi dari seorang Avianti Armand yang berprofesi sebagai arsitek dan dosen tamu di Universitas Indonesia. Yang membuatku tertarik untuk menengok buku kumpulan karya lain selain dari kumpulan puisi milik Sapardi Djoko Damono dan Chairil Anwar. Dua maestro puisi ini adalah favoritku. 😊 

Buku ini berisi 4 bagian : 

Ruang Yang Mungkin 

Berisi tentang keadaan lingkungan sekitar. Hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan. Dan tentang dirinya sendiri. Pada bagian ini, aku suka puisi : 

Bulan. Kota yang jauh. Sungai hitam.
Menit yang luntur oleh hujan. Jalan yang tinggal separuh. Batu-batu dari momen beku.
Dinding-dinding keruh. Jendela-jendela. Ruang-ruang dibaliknya kosong.
(Hantu Waktu, halaman 17)

Ruang Yang Jauh 

Ketika tiba di bab ini dan bolak balik setiap halamannya. Pengarangnya suka dengan film karya dari Wong Kar Wai yakni 9000 Km To Give You This, There’s Only One Sun, dan The Days Of Being Wild. 

Bolehkan aku melihatnya dari ketinggian di atas awan, dari ruang angkasa melalui matahari dan juga dari memori yang tercatat dalam buku harian. 

Yang hilang dari pagi adalah mimpi kehilangan.

“Cinta,” katamu,
“lebih baik tidak diucapkan.Atau dia akan lenyap.”
(Seperti Biasa, halaman 57-59)

Ruang Yang Sebentar

Menunjukkan waktu yang sebentar. Yang hanya sesaat tapi memberikan manfaat dan andilnya dalam kehidupan setiap orang yang memiliki pengalamannya masing-masing. Seperti yang ditunjukkannya pada Muppet Show, Circa-1980 dan Sesame Street, Circa 2000. Dan aku suka banget sama puisi di bagian : Hal-Hal Yang Wajar Hari-Hari ini dari halaman 111-113 

Halaman 111Halaman 112-113

Ruang Tunggu

Berbicara tentang manusia juga sudut-sudut yang tak terduga. Yang sudut pandangnya pun tidak aku mengerti. Seperti yang ditunjukkannya dalam : 

Memori adalah kereta yang sebentar singgah sebentar pergi dengan imaji yang disekap dalam keras kursi-kursi besi. Dan hijau yang selalu hadir adalah tiang baja pada struktur pintu-pintu stasiun yang kerap lupa menutup.
(Musim, halaman 146)

Nah itulah 4 bab yang aku bahas dengan singkat. Di kemas dalam 155 halaman ini. 

Sekali lagi, mengapa aku memilihnya di antara sekian banyak buku puisi yang berderet di rak buku Gramedia Matraman? 

Karena aku tertarik dengan covernya yang putih bersih, ilustrasi yang dibuat oleh pengarangnya sendiri, kata-kata yang sederhana. Tidak serumit kumpulan puisi Sapardi Djoko Damono dan Chairil Anwar. 

Dan ya.. mencoba melihat jendela puisi dari pengarang ini membuat mataku terbuka. Walaupun buku ini sudah terbit setahun yang lalu dan yang ada ditanganku masuk cetakan ketiga Maret 2017.

Harga buku yang membuatmu  merogoh dompet Rp 55.000 (harga 2017) jika ingin memilikinya dan beruntungnya aku mendapatkan diskon 30% di #haribukunasional. 😍

Kloplah kalau buku puisi ini menjadi buku kumpulan puisi favoritku tahun ini 😊😍

Ngomong-ngomong…kondisi bukunya jadi gembel dibawa-bawa dalam tas selama hampir 2 minggu πŸ˜ŠπŸ˜„πŸ˜…

Leave a comment

Filed under #Buku&Timbunan, Puisi

Novel J.K.Rowling : 20 Tahun Harry Potter

Senin 26 Juni 2017. Dua puluh tahun lalu novel Harry Potter terbit di Inggris. Sejak itu, novel tersebut menggalami cetak ulang sampai sekarang. Mulai dari cetak punggung menyambung. (Versi Indonesia terbit Maret 2017) 

Sampai versi ilustrasi 😁

Dan masih banyak versi-versi lainnya yang diterbitkan. 😊
Karena banyaknya versi yang terbit dipasaran. Pasti dong.. ada buku Harry Potter yang menjadi favorit,paling berkesan dan memiliki sejarah dalam memiliki buku tersebut. 

Aku bukanlah fans sejati Harry Potter 😊Aku hanya pembaca biasa yang menunggu kemunculan novel ini terbit. Karena rasa penasaran di setiap misteri yang ditebarkan J.K.Rowling dalam setiap serinya. Ada kenikmatan tersendiri dari volume satu ke volume berikutnya. Menunggu dengan sabar. Itulah yang ditebarkan oleh pengarang di semua buku yang diterbitkannya. 

Pertama kali kenal Harry Potter dari Kuis Siapa Berani yang dibawakan oleh Helmi Yahya di awal tahun 2000an. Bertanya di dalam jaringan pertemanan (waktu itu hanya sebatas teman sekolah) tidak ada yang memilikinya (disebabkan harga buku ini sangat mahal untuk kondisi dompetku sendiri). 

Tahun 2001 – 2002

Aku mulai bekerja sebagai SPG di showroom Elizabeth Handbag. Sudah bisa nonton film Harry Potter ke-1. Langsung beli bukunya yang ke-2. Bukunya pun sudah masuk cetakan ke-10. Dengan harga Rp 30.000 di Toko Buku Gunung Agung, Atrium Senen, Jakarta.

Tahun 2002, berasa banget beli buku Harry Potter ke-3 dalam waktu satu bulan. Rasanya dompet tuh pengen nangis. Tapi ya sudahlah karena rasa penasaran akut. Jadinya di beli juga πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Buku ke-3 ini sudah banyak menggalami pertempuran. Berpindah dan keliling dari satu teman ke teman yang lain di kota Jakarta – Bandung.😁😊
Masih di tahun 2002. Aku beli buku ke-4nya. 882 halaman, inilah buku yang paling tebal yang aku baca di tahun tersebut. Dan buku yang ada ditanganku sudah memasuki cetakan ke-3. 

Beberapa kesan-kesan yang ditinggalkan oleh teman-temanku. Sekarang tulisan tangan mereka menjadi sejarah buatku. Bahwa aku pernah berbagi kenangan dengan mereka..

Tahun 2004

Buku ke-5 terbit. Tahun ini masa suram tapi menyenangkan😊😍. Pekerjaanku saat itu sebagai surveyor untuk transportasi busway dan MRT yang disiapkan pemerintah DKI Jakarta. Semua titik koridor yang ada sekarang. Di survei selama 2 tahun. Ehhh curcol.. 

Buku ke-5, cetakan 1, setebal 1.200 halaman sukses ditamatkan dalam waktu 2 minggu. Sudah tidak ada halaman kosong dibelakangnya untuk menuliskan pesan kenangan πŸ˜†

Tahun 2006 

Buku ke-6, cetakan 1, setebal 816 halaman. Inilah alur cerita paling gelap, paling berat dan paling lama dalam proses bacanya. Perlu waktu satu bulan untuk menamatkannya. Di tahun ini pun aku mulai memperluas jaringan pertemanan di jagat maya. Efek samping sebagai karyawan kontrak dipabrikan dan distributor komputer (daerah Daan Mogot) dengan akses internet terbuka lebar. πŸ˜„πŸ˜† 

Hadiah dari jaringan pertemanan di jagat maya 😚 Alur cerita dalam versi bahasa Inggrisnya lebih bagus 😍

Tahun 2008 

Buku ke-7 sebagai buku penutup kisah Harry Potter 😎 cetakan 1, setebal 999 halaman. Harga label Rp 200.000. Kalau aku sih dapat diskon 30% karena promosi toko buku 😚😚 tetep aja ya masih mahal πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Dan ini merupakan tahun terakhir aku bekerja di daerah Daan Mogot. 😎

Untuk filmnya sendiri. Aku selalu menontonnya.. 😊😚 

Sungguh, aku kagum dengan pengarangnya. 20 tahun waktu yang sangat lama untuk nyawa sebuah judul buku. Di cetak ulang dengam beragam cover di sepenjuru belahan bumi. Pastilah, buku ini akan diturunkan dan dituturkan dari generasi ke generasi. Bahwa buku ini selama 20 tahun selalu menghiasi rak-rak buku di toko buku seluruh dunia. 

Yang baca bukunya, apa yang kamu kenang tentang Harry Potter di 20 tahun penerbitannya? 
Berbagi cerita yukkk…

4 Comments

Filed under #Buku&Timbunan, SerbaSerbi

Komik Bistro Pas Mal : Bicara Integritas, Menu Makanan Dan Resep Untuk Pembacanya

“Pas Mal” itu adalah kalimat pujian dalam bahasa Perancis artinya, “LUAR BIASA”

Selamat datang di Bistro Pas Mal, sebuah restoran masakan Perancis di tengah kota di Jepang. Meskipun penampilannya tidaklah mewah, bistro mungil ini akan membuatmu nyaman sambil menikmati hidangan karya Chef Mifune. 

Sebuah bistro mungil dengan 4 orang karyawan didalamnya yakni : 

1. Shinobu Mifune

Chef (koki kepala) yang misterius. Kemampuan memasaknya yang top dan pemikirannya yang idealis mampu membawa Bistro Pas Mal bertahan di tengah gempuran pesaing-pesaingnya. 

2. Yoji Shimura 

Sous Chef (wakil koki kepala). Teman sekaligus sahabat dari Chef Mifune. Kemampuannya? Jangan pernah meragukannya. Namun begitu marah…behhhh jangan tanya lagi. Meledak boooo…

3. Yuki Kaneko 

Sommelier (petugas wine). Peminum kelas berat. Apapun akan dilakukan demi Wine hehehe

4. Tomoyuki Takatsuki 

Staf baru yang bertugas sebagai Garcon (petugas penerima tamu). Gak kuat dengan minuman beralkohol. Minum seteguk, pingsan sukses.πŸ˜†

Buku komik ini terdiri dari 2 volume dengan 12 chapter langsung tamat! Komik ini masuk dalam kategori kuliner mini seri. 

Apa yang membedakan komik kuliner ini dengan komik kuliner yang lain? 

Ketika membuka halaman pertama kita sudah disuguhkan kegiatan di dalam bistro itu sendiri. Setiap makanan yang disajikan di dalam cerita. Di bagian akhir bab ada langkah-langkah membuat makanannya dengan baik sekali. Terkadang resep yang disajikan dalam cerita diberikan link youtube cara pembuatannya. Aku suka banget chapter ke-6 : Pistou Penawar Cemas 

Chef Mifune mendapatkan undangan di Pembukaan restoran Perancis “Le 21 (Le Vingt et Un) milik teman lamanya di Perancis, Minamino. Tetapi, undangan tersebut ditolaknya karena ada pemikirannya yang tidak sesuai dengan Minamino. 

Di saat yang sama, Matsudaira, investor restoran Perancis “Le 21 (Le Vingt et Un)” memesan meja di restoran Bistro Pas Mal. Matsudaira adalah seorang vegetarian. 

Semua makanan pun disajikan dengan bahan-bahan vegetarian. Zaitun Dua warna dan gratin mashed potato yang dilembutkan dengan susu kedelai dan minyak zaitun. Dan terakhir, dessert yang tak menggunakan gula, Sup Au Pistou. Pistou itu maksudnya saus basil.  Sup dari sayuran yang sedang musimnya dan kacang putih, pasta dan pistou. 

Review dari Matsudaira tentang Sup Au Pistou : di restoran Bistro Pas Mal (Chef Mifune) dengan Le 21 (Le Vingt et Un)  : 

Restoran Bistro Pas Mal (Chef Mifune) : *Rasanya luar biasa, sayurannya manis, ringan, dan rasanya berapa porsi pun aku kuat menghabiskannya.

Restoran Le 21 “Le Vingt et Un” (Chef Minamino) : 

*Rasanya mengenyangkan, dan rasanya puas sekali setelah menyantapnya. 

Masakan yang sama bisa berbeda ya…tergantung restorannya.

Tak lama setelah Matsudaira menyantap Sup Au Pisto di restoran Bistro Pas Mal. Minamino datang ke tempat Chef Mifune bekerja. Akhirnya, Minamino pun jujur bahwa dirinya menggunakan lemak punggung babi pada pistou miliknya. 

Juru masak bisa melakukan apa saja. Menggunakan sisa makanan tamu sebelumnya… Menggunakan bahan-bahan yang sudah tak segar… Atau menggunakan bahan-bahan murah, tapi berbahaya bagi kesehatan! Dengan sedikit keahlian, menipu konsumen itu mudah saja! 

Tapi, bukankah justru itu hal yang tidak boleh dilakukan? Bukankah disitu letak harga diri juru masak!? 

Chef Mifune, hal.189 

Ketika seseorang sudah menentukan dan menetapkan dimana letak integritas dirinya. Disitulah dia berada dan berjuang untuk integritas yang diyakininya! Seperti Chef Mifune. 

Chef Mifune mengutip :

Hal yang benar-benar berharga adalah yang tak terlihat mata. 

(Dialog dari buku Le Petit Prince karya  Antoine de Saint-Exupery 

Resep Sup Au Pisto yang ada di dalam komiknya. Silakan mencoba resepnya…

πŸ˜ŠπŸ˜‡πŸ˜‡

Nah, itu salah satu chapter dengan resepnya yang paling sederhana dari 12 resep yang pengarang berikan di dalam buku. 

Komik ini di riset dari restoran Perancis yang ada di Jepang, menu makanannya pun melalui riset yang panjang juga berikut link video youtube yang dilampirkan. (Bocoran : penjelasan ada di volume 1). 

Dimana untuk menemukan dan memiliki komik ini? Silakan cari di toko buku online yang bertebaran di jagat maya πŸ˜„ 

Memangnya di toko buku besar sudah tidak ada?! Pasti ada sih.. asal rajin memantau akun media sosial milik Gramedia (upss promo)

Rajin memantau itu maksudnya, buku ini sudah tidak ada di rak pajangan.😊 Kalau pun ada, harganya normal.

Pantau lini media sosial Gramedia dimanapun yang mengadakan Sale Buku Murah Rp 5.000,- 

Nah, komik ini aku dapatkan di Sale Gramedia Depok! Aku beruntunggg mendapatkannya πŸ˜ŠπŸ˜šπŸ˜šπŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

Bistro Pas Mal karangan Yumiko HARAO & Fumie Kondo terbit terjemahan tahun 2014. Diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo 

Dengan bangga kuberikan nilai : 8/5 (pendapat egois yang posting) 

 

Leave a comment

Filed under #Buku&Timbunan

Maaf Tanpa BatasΒ 

Berulang kali, 

Tanpa batas,

Dan akan terus diucapkan, 

Sepanjang hayat 😊

Setelah Ramadan akan selalu datang Syawal 😍
Selamat menyambut Syawal kawan πŸŽ‰
Merindukan yang telah ditinggalkan πŸ˜”πŸ˜’πŸ˜­
Merindukan yang jauh tapi tak bisa bersua karena keadaan πŸ˜”πŸ˜’

Berbahagialah karena kamu masih ada disini 😊😍😎
Selamat menyambut Syawal kawan πŸŽ‰Masih bisa bertemu Syawal dan berkumpul dengan saudara yang tak kau kenal. 

Menyambutmu dengan senyum secerah matahari 😊😎

Mohon maaf lahir batin πŸ™

Karena kata maaf tak terbatas hanya diucapkan di bulan Syawal 

Tapi sepanjang hayat seumur hidup πŸ™πŸ™πŸ™πŸ˜Šβ˜Ί

Mohon maaf lahir batin πŸ™πŸ™πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜Š

Selamat Idul Fitri 1438 H 

@Masjid Jami Assyakirin, Jakarta Timur 

Leave a comment

Filed under SerbaSerbi

Jelajah Depok: Menu Makanan, Bikin Kenyang

Suatu daerah pasti memiliki sejarah panjang dalam hal kulinernya. Sama seperti Jelajah Depok : 14km, Satu Jalur 200 Meter yang aku lakukan beberapa waktu lalu. Makanan yang menjadi ciri khas marga Belanda Depok yang menjadi menu Depok asli ada 7 macam yakni :

1. Verkedel Bakar

2. Macaroni Bakar

3. Slash atau biasa disebut salad

4. Acar Gurame

5. Stup Kacang Merah

6. Sambal Goreng Ati

7. Nasi

Untuk mendapatkan menu paket lengkap tersebut harap merogoh dompet sampai sekitar Rp 100.000. Paket menu yang aku dapatkan dengan merogoh dompet sampai Rp 25.000Β  (Sekali lagi, ini harga pasar makanan tahun 2017 ya… Tahun 2018 harga makanan akan berubah mengikuti inflansi hehehe) yakni :

1. Slash

Slash2

Slash atau salad yang bentuknya menghasilkan warna merah darah ini mempergunakan buah bit untuk mendapatkan warna tersebut. Namanya juga salad ya…isinya buah-buahan segar yang agak-agak mirip dengan asinan buah dari Bogor. Untuk rasa yang dikeluarkan Slash jangan kaget ya..rasa Slash itu manis tapi menyengarkan. Sangat cocok apabila disajikan dingin dan di nikmati di siang hari di akhir santapan. Karena Slash ini fungsinya untuk menetralisir Acar Gurame.

2. Acar GurameΒ 

Acar Gurame2

Acar Gurame ini mudah untuk membuatnya. Rasanya yang agak asem dan pedes (untuk yang suka pedes) Kebetulan Gurame yang disajikan disini tidak pedes. Horeee…Silakan cari resepnya dengan tampilan gambar yang sesuai bisa ditemukan di resep acar gurame di sini.

3. Urap Daun Mengkudu

Urap Daun Mengkudu

Sama seperti resep sayur urap yang beredar di masyarakat. Cara memasak daun mengkudu pun tidak berbeda. Hanya saja daun mengkudu disini tidak di campur dengan sayur daun hijau lainnya. Daun mengkudu ini sengaja ditambahkan oleh Ibu Yano sebagai pelengkap di dalam paketan menu dan juga untuk kesehatan.Oh iya..daun urap mengkudu ini tidak terasa pahit loh..bener-bener enak bangettt sebagai pelengkap makanan yang menyehatkan. πŸ™‚

Manfaat daun mengkudu bisa di cek disini

4. Stup Kacang Merah Iga Sapi

Stup Kacang Merah Iga Sapi
Stup kacang merah iga sapi. Buah tomat yang dimasukkan ke dalam rebusan kaldu iga sapi membuat rasa asam alaminya menjadi segar untuk dinikmati.

Di atas meja makan prasmanan tersedia makanan untuk peserta sebanyak +/- 50 orang. Dari meja makan tersebut yang aku ambil adalahΒ  nasi, slash, acar gurame, stup kacang merah iga sapi dan krupuk. Ini sudah membuat naga-naga dalam perutku terpuaskan secara maksimal hahaha

IMG_20170506_120529Foto : Jepretan pribadi

Ssst *bisik-bisik pelan* enaknya menjadi narahubung kali ini, kami semua dibekali makanan prasmanan yang tersisa untuk dinikmatin di rumah kami masing-masing πŸ™‚

Catatan :

  1. Semua foto makanan yang bukan jepretan pribadi di dapat dari Petouring
  2. Partner dalam Narahubung Jelajah Depok : Desi Safari Semu BPJ dan Lanisyah Semu BPJ

2 Comments

Filed under #Kuliner, Halan-Halan Ke..., Serba Serbi Artikel

Keseruan Masa Kecil Di Bulan Ramadan

Anak-anak Indonesia memiliki kenangannya sendiri di setiap bulan ramadan. Yang kenangannya pasti tidak akan jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Aku anak yang dibesarkan di era90an dimana teknologi belum secanggih saat ini. Harga makanan pun masih murah-murah (karena subsidi).

Aku mulai puasa satu hari penuh waktu menginjakkan kaki di kelas 4 SD hehehe.. sebelumnya sih puasa setengah hari. Nah, ketahuankan didikan dalam keluargaku seperti apa. Harap maklum, waktu sekolah dasar sering banget sakit-sakitan. Jadi butuh proses untuk penyesuaian.

Kegiatan di bulan ramadan banyak banget.. kegiatan-kegiatan yang biasanya kami lakukan dimulai dari selepas subuh sampai azan magrib berbuka.
1. Keliling Kampung tetangga dan memancing

memancing-zaman-kanak-kanak

Selepas subuh,Β biasanya ada jalan kaki ke kampung tetangga. kalau menemukan empang tidak bertuan, kolam atau parit-parit kecil. Biasanya kami akan memancing sebentar mempergunakan peralatan kayu panjang, benang, dan cacing yang bisa didapatkan di sekitar lokasi. Tak jarang dari acara memancing ini ada ikan sepat yang terkena dalam jerat pancing. Selesai memancing, kami jalan ke rumah masing-masing. acara jalan-jalan yang rencananya hanya 2-3 jam saja bisa molor sampai 5 jam. Keliling kampung ini dilakukan pada saat libur sekolah. Karena waktunya yang panjang membuat kami leluasa untuk explore daerah tempat tinggal kami.

2. Bekel

BEKEL

Permainan ini paling enak dimainkan beramai-ramai di sekolahΒ  waktu jam istirahat atau pun di rumah di waktu sore. Biji 6, 12 atau 18. Pakai tangan kanan atau kiri. Bermain single atau secara berkelompok tetep seru. Akan ada hukuman untuk yang kalah, biasanya ketahuan deh ya.. wajah akan kena pupuran kapur, bedak, sampai gincu merah menyala hahaha

3. Monopoli

monopoli.jpgPermainan ini bisa dimainkan single atau berkelompok. Betah kalau sudah main ini selama liburan sekolah. Waktu tidak akan terasa. Pakai acara bersambung sampai esok harinya hahaha buku catatan hutang dan aset disiapkan oleh bandar/ bank. mau tahu gakk.. aku pernah kalah di permainan ini karena hutang penginapan. kena hukuman lari keliling 3 empang. kalau di ukur panjangnya ada 500 meter hahaha

4. Ular Naga

ULAR NAGAPermainan ini biasanya digelar setelah pulang teraweh. Di bawah bulan purnama apalagiΒ  kalau sedang mati lampu. Wuihhh lapangan depan rumah yang biasanya sepi. Saat itu akan penuh dengan keluarga-keluarga yang keluar dari perlindugan rumahnya untuk saling bertegur sapa. Permainan ini biasanya di gelar sampai jam 10 malam.

5. Beli Takjil

beli kue

Nah, ini yang masih dilakukan sampai sekarang. Berburu makanan untuk buka puasa, Karena aku tipe pemalas mencari menu takjil jauh-jauh. Cukup beli takjil dari pasar tumpah belakang rumah dan memberdayakan tetangga yang berjualan. Itu semua sudah menggerakkan ekonomi lingkungan kita sendiri. Di pasar tumpah belakang rumah semuanya sudah ada tersedia sepanjang 1 km. Takjil dari rasa asin, manis, pedes, minuman dingin, hangat, makanan-makanan khas ramadan ada semua di sini.Β  Yang penting bawa uang cukup untuk beli takjil dari pasar tumpah belakang rumah hehehehe untuk rasa sesuai dengan harga yang dikeluarkan πŸ™‚

6. Baca Buku

baca-buku-buka-dunia

Ini juga salah satu kegiatan yang masih aku jalankan sampai sekarang. Waktu kecil, baca buku sambil lihat jam. Kalau sekarang, baca bukunya dimana aja.. pernah ya…pas lagi seru-serunya baca buku. Pas masak sambil pegang buku. khidmatnya pegang buku sampai lupa sama masakan yang sedang di masak. Alhasil, masakannya jadi gosong seperti arang buahahaha

7. Tadarus

tadarus

Bulan ramadan itu bulan berkah. Suasananya adem dan nyaman. Masa kecil kegiatan menggaji di surau diliburkan. Karena surau di pakai orang-orang dewasa untuk tadarusan. Jadi, kegiatan menggaji dilakukan di rumah setelah sholat Subuh. Setor bacaannya ke mamake hehehe

Itulah sekilas kisah dari kenangan masa kecil di bulan ramadan. Kegiatan-kegiatannya ada yang sudah ditinggalkan, ada yang masih diteruskan sampai sekarang.

Bagaimana dengan masa kecilmu di bulan ramadan? Apakah ada kemiripannya denganku? Yukk, berbagi cerita… ^_^

Note :

Foto-foto yang digunakan dalam artikel ini di ambil dari Google. Tulisan ini di ikut sertakan dalam #NgojakNgabuburit

4 Comments

Filed under SerbaSerbi