Keseruan Masa Kecil Di Bulan Ramadan

Anak-anak Indonesia memiliki kenangannya sendiri di setiap bulan ramadan. Yang kenangannya pasti tidak akan jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Aku anak yang dibesarkan di era90an dimana teknologi belum secanggih saat ini. Harga makanan pun masih murah-murah (karena subsidi).

Aku mulai puasa satu hari penuh waktu menginjakkan kaki di kelas 4 SD hehehe.. sebelumnya sih puasa setengah hari. Nah, ketahuankan didikan dalam keluargaku seperti apa. Harap maklum, waktu sekolah dasar sering banget sakit-sakitan. Jadi butuh proses untuk penyesuaian.

Kegiatan di bulan ramadan banyak banget.. kegiatan-kegiatan yang biasanya kami lakukan dimulai dari selepas subuh sampai azan magrib berbuka.
1. Keliling Kampung tetangga dan memancing

memancing-zaman-kanak-kanak

Selepas subuh, biasanya ada jalan kaki ke kampung tetangga. kalau menemukan empang tidak bertuan, kolam atau parit-parit kecil. Biasanya kami akan memancing sebentar mempergunakan peralatan kayu panjang, benang, dan cacing yang bisa didapatkan di sekitar lokasi. Tak jarang dari acara memancing ini ada ikan sepat yang terkena dalam jerat pancing. Selesai memancing, kami jalan ke rumah masing-masing. acara jalan-jalan yang rencananya hanya 2-3 jam saja bisa molor sampai 5 jam. Keliling kampung ini dilakukan pada saat libur sekolah. Karena waktunya yang panjang membuat kami leluasa untuk explore daerah tempat tinggal kami.

2. Bekel

BEKEL

Permainan ini paling enak dimainkan beramai-ramai di sekolah  waktu jam istirahat atau pun di rumah di waktu sore. Biji 6, 12 atau 18. Pakai tangan kanan atau kiri. Bermain single atau secara berkelompok tetep seru. Akan ada hukuman untuk yang kalah, biasanya ketahuan deh ya.. wajah akan kena pupuran kapur, bedak, sampai gincu merah menyala hahaha

3. Monopoli

monopoli.jpgPermainan ini bisa dimainkan single atau berkelompok. Betah kalau sudah main ini selama liburan sekolah. Waktu tidak akan terasa. Pakai acara bersambung sampai esok harinya hahaha buku catatan hutang dan aset disiapkan oleh bandar/ bank. mau tahu gakk.. aku pernah kalah di permainan ini karena hutang penginapan. kena hukuman lari keliling 3 empang. kalau di ukur panjangnya ada 500 meter hahaha

4. Ular Naga

ULAR NAGAPermainan ini biasanya digelar setelah pulang teraweh. Di bawah bulan purnama apalagi  kalau sedang mati lampu. Wuihhh lapangan depan rumah yang biasanya sepi. Saat itu akan penuh dengan keluarga-keluarga yang keluar dari perlindugan rumahnya untuk saling bertegur sapa. Permainan ini biasanya di gelar sampai jam 10 malam.

5. Beli Takjil

beli kue

Nah, ini yang masih dilakukan sampai sekarang. Berburu makanan untuk buka puasa, Karena aku tipe pemalas mencari menu takjil jauh-jauh. Cukup beli takjil dari pasar tumpah belakang rumah dan memberdayakan tetangga yang berjualan. Itu semua sudah menggerakkan ekonomi lingkungan kita sendiri. Di pasar tumpah belakang rumah semuanya sudah ada tersedia sepanjang 1 km. Takjil dari rasa asin, manis, pedes, minuman dingin, hangat, makanan-makanan khas ramadan ada semua di sini.  Yang penting bawa uang cukup untuk beli takjil dari pasar tumpah belakang rumah hehehehe untuk rasa sesuai dengan harga yang dikeluarkan 🙂

6. Baca Buku

baca-buku-buka-dunia

Ini juga salah satu kegiatan yang masih aku jalankan sampai sekarang. Waktu kecil, baca buku sambil lihat jam. Kalau sekarang, baca bukunya dimana aja.. pernah ya…pas lagi seru-serunya baca buku. Pas masak sambil pegang buku. khidmatnya pegang buku sampai lupa sama masakan yang sedang di masak. Alhasil, masakannya jadi gosong seperti arang buahahaha

7. Tadarus

tadarus

Bulan ramadan itu bulan berkah. Suasananya adem dan nyaman. Masa kecil kegiatan menggaji di surau diliburkan. Karena surau di pakai orang-orang dewasa untuk tadarusan. Jadi, kegiatan menggaji dilakukan di rumah setelah sholat Subuh. Setor bacaannya ke mamake hehehe

Itulah sekilas kisah dari kenangan masa kecil di bulan ramadan. Kegiatan-kegiatannya ada yang sudah ditinggalkan, ada yang masih diteruskan sampai sekarang.

Bagaimana dengan masa kecilmu di bulan ramadan? Apakah ada kemiripannya denganku? Yukk, berbagi cerita… ^_^

Note :

Foto-foto yang digunakan dalam artikel ini di ambil dari Google. Tulisan ini di ikut sertakan dalam #NgojakNgabuburit

Advertisements

4 Comments

Filed under SerbaSerbi

4 responses to “Keseruan Masa Kecil Di Bulan Ramadan

  1. Hampir sama ya mbak 🙂 Monopoli, congklak, gasing, gundu semua aku main.

  2. Kangen masa2 dulu ya mba, masih banyak main di luar ga kaya sekarang pada asik sama gadget nya sendiri

    • endang cippy

      keponakanku kelas 2 SD msh merasakan apa yg aku tulis disini hahaha.
      Tergantung didikan keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya.
      Di pelosok Jakarta msh byk daerah2 yg jarang bgt tersentuh gawai (utk anak2) hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s