Novel J.K.Rowling : 20 Tahun Harry Potter

Senin 26 Juni 2017. Dua puluh tahun lalu novel Harry Potter terbit di Inggris. Sejak itu, novel tersebut menggalami cetak ulang sampai sekarang. Mulai dari cetak punggung menyambung. (Versi Indonesia terbit Maret 2017)

Sampai versi ilustrasi 😁

 

Dan masih banyak versi-versi lainnya yang diterbitkan. 😊
Karena banyaknya versi yang terbit dipasaran. Pasti dong.. ada buku Harry Potter yang menjadi favorit,paling berkesan dan memiliki sejarah dalam memiliki buku tersebut.

Aku bukanlah fans sejati Harry Potter 😊Aku hanya pembaca biasa yang menunggu kemunculan novel ini terbit. Karena rasa penasaran di setiap misteri yang ditebarkan J.K.Rowling dalam setiap serinya. Ada kenikmatan tersendiri dari volume satu ke volume berikutnya. Menunggu dengan sabar. Itulah yang ditebarkan oleh pengarang di semua buku yang diterbitkannya.IMG_20170627_084806

 

Pertama kali kenal Harry Potter dari Kuis Siapa Berani yang dibawakan oleh Helmi Yahya di awal tahun 2000an. Bertanya di dalam jaringan pertemanan (waktu itu hanya sebatas teman sekolah) tidak ada yang memilikinya (disebabkan harga buku ini sangat mahal untuk kondisi dompetku sendiri).

Tahun 2001 – 2002

Aku mulai bekerja sebagai SPG di showroom Elizabeth Handbag. Sudah bisa nonton film Harry Potter ke-1. Langsung beli bukunya yang ke-2. Bukunya pun sudah masuk cetakan ke-10. Dengan harga Rp 30.000 di Toko Buku Gunung Agung, Atrium Senen, Jakarta.

IMG_20170627_091928

Tahun 2002, berasa banget beli buku Harry Potter ke-3 dalam waktu satu bulan. Rasanya dompet tuh pengen nangis. Tapi ya sudahlah karena rasa penasaran akut. Jadinya di beli juga πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Buku ke-3 ini sudah banyak menggalami pertempuran. Berpindah dan keliling dari satu teman ke teman yang lain di kota Jakarta – Bandung.😁😊
Masih di tahun 2002. Aku beli buku ke-4nya. 882 halaman, inilah buku yang paling tebal yang aku baca di tahun tersebut. Dan buku yang ada ditanganku sudah memasuki cetakan ke-3.

Beberapa kesan-kesan yang ditinggalkan oleh teman-temanku. Sekarang tulisan tangan mereka menjadi sejarah buatku. Bahwa aku pernah berbagi kenangan dengan mereka..

Tahun 2004

Buku ke-5 terbit. Tahun ini masa suram tapi menyenangkan😊😍. Pekerjaanku saat itu sebagai surveyor untuk transportasi busway dan MRT yang disiapkan pemerintah DKI Jakarta. Semua titik koridor yang ada sekarang. Di survei selama 2 tahun. Ehhh curcol..

Buku ke-5, cetakan 1, setebal 1.200 halaman sukses ditamatkan dalam waktu 2 minggu. Sudah tidak ada halaman kosong dibelakangnya untuk menuliskan pesan kenangan πŸ˜†

Tahun 2006Β 

Buku ke-6, cetakan 1, setebal 816 halaman. Inilah alur cerita paling gelap, paling berat dan paling lama dalam proses bacanya. Perlu waktu satu bulan untuk menamatkannya. Di tahun ini pun aku mulai memperluas jaringan pertemanan di jagat maya. Efek samping sebagai karyawan kontrak dipabrikan dan distributor komputer (daerah Daan Mogot) dengan akses internet terbuka lebar. πŸ˜„πŸ˜†

Hadiah dari jaringan pertemanan di jagat maya 😚 Alur cerita dalam versi bahasa Inggrisnya lebih bagus 😍

Tahun 2008Β 

Buku ke-7 sebagai buku penutup kisah Harry Potter 😎 cetakan 1, setebal 999 halaman. Harga label Rp 200.000. Kalau aku sih dapat diskon 30% karena promosi toko buku 😚😚 tetep aja ya masih mahal πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Dan ini merupakan tahun terakhir aku bekerja di daerah Daan Mogot. 😎

Untuk filmnya sendiri. Aku selalu menontonnya.. 😊😚

Sungguh, aku kagum dengan pengarangnya. 20 tahun waktu yang sangat lama untuk nyawa sebuah judul buku. Di cetak ulang dengam beragam cover di sepenjuru belahan bumi. Pastilah, buku ini akan diturunkan dan dituturkan dari generasi ke generasi. Bahwa buku ini selama 20 tahun selalu menghiasi rak-rak buku di toko buku seluruh dunia.

Yang baca bukunya, apa yang kamu kenang tentang Harry Potter di 20 tahun penerbitannya?
Berbagi cerita yukkk…

Advertisements

4 Comments

Filed under Rak Buku

4 responses to “Novel J.K.Rowling : 20 Tahun Harry Potter

  1. Zaoza

    Waaaahhh bisa dibilang tumbuh dan berkembang bersama Harry Potter ya mindang πŸ™‚ penuh sejarah perjuangan pindah-pindah tempat kerja dan beli langsung pada masanya πŸ˜€
    kalo aku dulu belum mampu beli, nebeng baca di tempat ponakan, baru kesampain beli langsung lengkap tahun 2016 πŸ™‚

  2. Ning

    Mba Endang, aku terharu, hahah
    Dulu mulai baca Harry Potter itu di perpustakaan SMP. Heheh
    Sampai SMA baca bukunya di rental buku favorit karena gak mang mampu beli dan di kampungku gak ada toko buku fiksi. Adanya toko buku pelajaran aja yang dijual juga macam terbitan erlangga dan yudhistira, hahah

    Suka banget sama Harpot. Kalo gak salah buku ke-8nya tahun 2016 kemarin baru terbit ya…

    btw aku Ning Mba, ini bikin blog khusus buku, kalo postingan dah banyak pengen gabung ke blogger buku, hihi

    • endang cippy

      Ning, mulai cicil bikin tulisan review buku deh.. gabung aja sih sambil diisi blognya. BBI tuhhh yg paling terkenal wkwkwkw..

      Ning, sama kitahhhh… beda era tahun aja hahahaha
      aku jg awalnya pinjem di perpus sekolah, kalau liburan pinjemnya bykkk, pas msk sekolah bukunya dikembalikan ke perpus lg.. hahahaha

      kalau liburan ke Bandung tuh..br pinjem buku di rental buku. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s