[Resensi Buku] Born To Travel – Petualangan Menjelajah Lima Benua Di Dunia

Aku tipe pemilih buku bacaan dengan tema travelling, lebih suka baca langsung majalah travelingnya karena bisa melihat semua foto-fotonya sampai puasss ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚ Untuk bukunya sendiri, aku baca karangannya Trinity. ๐Ÿ˜

Kali ini, aku berkesempatan untuk melirik buku traveling diluar pakem (catat : diluar dari Trinity punya). Born To Travel ditulis oleh 12 orang pejalan, penjelajah, traveller, backpacker atau apapun sebutan yang kamu pengen sematkan dengan latar belakang dari berbagai profesi. ๐Ÿ˜Š

1

Para penulisnya ini menceritakan pengalaman-pengalaman menjelajah lima benua di dunia yakni :

  1. Amerika Serikat dan Kebebasan olehย Arif Rahmanย ;
  2. Terpencil Bersama Raja Ampat olehย Hendra Fuย ;
  3. Little Town, Cape Town olehย Meninao;
  4. Kehangatan Di Tengah Musim Dingin Lithuania olehย Agusmia Putri Haeraniย ;
  5. Dua Wajah India olehย Haryadi Yansyahย  danย Taufan Gioย ;
  6. Berkeliling Praha olehย Linda Bungasaluย ;
  7. Terdampar Di Ras AL Khaimah olehย Fahmi Anharย ;
  8. The Great Of Persia olehย Risa Bluesaphierย ;
  9. Serba Serbi Di Fraser Island olehย Irene Tridianiย ;
  10. Tenggelam dalam Labirin Fes el Bali olehย Indra Prasetya Nugrahaย ;
  11. Raksasa dari Pulau Paskah olehย Immanuel Sembiring

11 kisah ini bisa dibaca secara acak. Suka-suka mau mulai baca yang mana saja. Ada kisah yang bisa membuat tertawa terbahak-bahak, ada kisah yang ย membuat kening berkerut sampai dalam karena cerita horor yang tidak memuaskan, ada kisah labirin panjang tanpa terlihat ujungnya ada dimana. Atau ada juga kisah yang ketika proses bacanya itu bikin tanda tanya besar di dalam kepala. Ini ceritanya mau dibawa kemana sih…

Apapun bentuk tulisannya. Semua kisah tersebut adalah kisah nyata. Di tulis dengan perjuangan sesuai kemampuan para penulisnya! Jadi, jangan kaget juga kalau ada beberapa cerita bikin kening berkerut dalam ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‰

Yang patut diacungkan jempol adalah foto-fotonya. Iya… Fotonya juara banget! Ini yang bikin buku ini tertolong (pendapat egoisku yakkk ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚). Kalau aku melihat fotonya langsung, maksudnya, dikasih lihat sama penulisnya masing-masing. Pasti aku akan jatuh cinta lagi.

Foto favoritku yaitu :

Foto kanan : Asli ya…foto yang kanan bikin aku mupeng berat. Itulah senyum wajah cerah Indonesia di masa depan. Yang bikin hati hangat ketika memandangnya. Momentnya pas banget!

Foto kiri : Patung Liberty seakan-akan berkata. Kemerdekaan harus diperjuangkan kawan! Menohok posisi fotonya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Foto kiri : kisahnya itu bikin aku tertawa-tawa. Kode keras..kode keras..kode keras ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜š
Foto kanan : Keliling Praha. Kota Praha di kalangan pembaca buku genre fantasy dikenal sebagai kota mistis, banyak patung-patungnya, kastil-kastil yang menjulang tinggi dan misterius. Kalau melihat foto ini ibarat aku teringat kisah Jin Barti dari kisah trilogi Bartymeaus. Kota Praha, Ceko, itu kota impianku untuk dikunjungi selain ke negeri Jepang. ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜š (Mudah-mudahan bisa kesampaian menginjak Praha. Aamiin Yaa Rabb). Suasana kota dan ikon-ikon kotanya diceritakan dengan baik oleh Mba Linda. Menggelilingi tempat-tempat wisata yang menjadi ikon kota tersebut. Terutama foto Pemandangan Praha dari puncak Vitkov Hill (aku mau lihat foto berwarnanyaaa). Aku sih merasakan menjelajah dari masa lalu ke masa modern.

Foto kanan: Tenggelam dalam Fes es Bali, Maroko. Penulisnya bener-bener keren dalam menjelajah Maroko. Mas Indra, mulai dari tersesat di dalam labirin ( asli deh ya..yang tersesat di labirin itu seperti labirin Harry Potter) bedanya tuh di labirin Fes es Bali adalah labirin yang hidup. Semua lorong-lorongnya bisa jadi adalah dapur atau halaman belakang yang saling sambung menyambung satu dengan lainnya. Kamu tidak akan tahu masuk dari mana, keluar dimana. ๐Ÿ˜„

Istilah Fes es Bali muncul pada masa Dinasti Al Mariniyyun yang berkuasa pada tahun 1244-1465 M.

Foto sebelah kanan adalah bangunan masjid peninggalan dari kejayaan Islam. Arsitekturnya benar-benar sangat detail.

Dan di tahun 1981, Fes es Bali dinobatkan oleh UNESCO ย sebagai salah satu situs warisan dunia dengan nama “Medina of Fez”ย ย (halaman 207).

Selain kisah foto favoritku yang keren banget. Masih ada kisah yang membuatku tertawa bahagia selain Dua Wajah India yaitu kisah The Great Of Persia di halaman 159 yang dituturkan oleh Mba Risa Bluesaphire ๐Ÿ˜‚

Karena sehebat-hebatnya kita di kandang sendiri, we are nothing di tempat orang. (Halaman 170)

Mba Risa menceritakan perjalanannya mampir ke Persia atau yang sekarang disebut Iran setelah sebulan ngemper di Eropa. Seru banget kalau membaca perjalanannya yang tidak biasa. Numpang di rumah kawan komunitas Travelling Internasional yang diikutinya, harga taksi yang melambung tinggi diluar perkiraan, sampai salah kostum di ibukota Iran, Teheran. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Yup, bener banget! Mba Risa memakai kostum cetar membahana disekeliling kostum gelap dimana-mana๐Ÿ˜š Asli, kalau aku di posisi dia. Aku pun bakalan malu berat ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚ Karena sudah terlanjur jadi bubur, Mba Risa dengan percaya diri, foto selfie di tengah keramaian ๐Ÿ˜ Alamakkk.. Mba..kamu pede banget sihhh ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Junjunglah budaya dimana tempatmu berpijak.ย 

Iran yang pernah melahirkan pujangga, pemimpin-pemimpin besar dalam peradaban Islam dan menjadi saksi besarnya sebuah peradaban dari masa lalu. Sungguh ya perjalanan Mba Risa itu membuka mata. Bahwa Iran walaupun di embargo, masyarakatnya maju dan ekonominya bergerak seiring perkembangan zaman.

Tulislah kisahmu sendiri yang akan menjadi milikmu selamanya. Sekali seumur hidup buatlah langkah nyata untuk dunia. Tinggalkan jejakmu dalam karya yang akan dibaca dari tangan ke tangan dan dituturkan dari mulut ke mulut. Apapun bentuk tulisanmu, itu adalah karya untuk kemajuan dan semangat menatap masa depan untuk generasi berikutnya.

Title : Born To Travel
Author : Rame-Rame
Penerbit : GPU
Terbit : Mei 2017
ISBN : 978-602-03-3879-8

Advertisements

12 Comments

Filed under Rak Buku

12 responses to “[Resensi Buku] Born To Travel – Petualangan Menjelajah Lima Benua Di Dunia

  1. endang cippy

    Bsk pagi, aku benerin dan rapihin lagi. Duhhh lupa tandain ‘read more’ ๐Ÿ˜

  2. Makasih atas ulasannya ya mbak Endang. Semoga bukunya menghibur dan semakin bikin mupeng pelesiran hehehe

  3. endang cippy

    Iyaaa..sudah mulai kena racun kiri kanan

  4. Wah, traveler blogger yang sudah melalang buana ya. Jadi, semangat traveling dan menabung ๐Ÿ˜€

  5. Klo abis liat buku traveling gini jadi pengen booking tiket mulu dah๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  6. aku juga punya nih bukunya hehe..

  7. kemaren aku lihat buku ini di gramed, tapi masih galau antara beli atau nggak ๐Ÿ˜€
    btw, makasih mbak endang ulasannya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s